Sunday, January 13, 2013

0

Seminar Thalassemia

BEM STABA menyelenggarakan seminar “Thalassemia”. Penyakit thalassemia adalah nama sebuah penyakit yang saat ini cukup banyak orang yang menderita penyakit ini. Itu lah salah satu alas an BEM STABA mengadakan seminar Thalasemia ini agar para mahasiswa STABA mengenal Thalassemia.
Pernah mendengar penyakit thalassemia? Tidak banyak orang yang tahu dan cenderung mengabaikan penyakit kelainan darah ini. Thalasemia adalah penyakit kelainan darah yang penderitanya akan mengalami gejala anemia. Terjadi akibat ketidakmampuan sumsum tulang membentuk protein yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin sebagaimana mestinya. Karena merupakan penyakit keturunan,  thalassemia belum ada obatnya. Namun sebetulnya bisa dicegah dengan tidak membiarkan terjadinya perkawinan antara sesama pembawa sifat. Provinsi Jabar menjadi salah satu daerah terbanyak penderita thalassemia. Dari 5.051 pasien thalasemia mayor di Indonesia yang tercatat dan dilaporkan, 35% penderita berasal dari Provinsi Jabar.
Maka perlu perhatian berbagai pihak dalam upaya pencegahan melalui deteksi thalassemia sejak dini. Screening terhadap mahasiswa baru diharapkan nantinya akan muncul sebagai budaya di antara para mahasiswa, jika ketika akan menikah, masing-masing pasangan sudah tahu apakah mereka carrier (pembawa) atau bukan. 

0 comments:

Post a Comment

 
My Melody Kawaii